Sharing informasi terbaru | 2020
Admin Langit Rezeki | Februari 21, 2020 Beri komentar
Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat terkenal. Makanan ini disajikan dalam berbagai acara seperti acara hajatan, keagamaan, selamatan, pernikahan, hingga acara ulang tahun. Cara membuatnya juga tidak boleh sembarangan, Namun jika kamu tidk ingin repot, kamu bisa pesan Nasi Tumpeng Jakarta yang pastinya sudah ahli dalam menciptakan nasi tumpeng yang lezat dengan tampilan yang indah. 

Nasi tumpeng umumnya dibuat dengan bahan utama dari nasi putih, nasi kuning, atau nasi uduk. Namun yang paling banyak digunakan biasanya adalah nasi kuning karena selain tampilannya yang cantik, rasanya juga lebih nikmat dan khas. Lalu apa saja isi sekaligus lauk pendamping nasi tumpeng tersebut? Berikut diantaranya.

Nasi

Dalam membuat nasi tumpeng, yang paling penting tentu saja nasinya. Nasi yang digunakan untuk tumpeng bisanasi putih, naun agar lebih bervariasi. Kita bisa menggunakan nasi kuning, sampai nasi uduk berbumbu yang tentunya memiliki rasa yang jauh lebih gurih jika dibandingkan nasi putih biasa.

Urap

Urap merupakan salad asli Indonesia yang terdiri dari campuran aneka sayuran rebus seperti kangkung, tauge, bayam, dan kacang panjang yang dicampur bersama parutan kelapa berbumbu. Sayur ini cocok sekali disajikan untuk menyeimbangi lauk lainnya.

Ayam goreng

Ayam goreng memang cocok disajikan bersama makanan apa pun, termasuk nasi tumpeng. Gurih dan lezatnya daging ayam akan membuat acara makan nasi tumpeng menjadi semakin lengkap.

Tahu dan tempe

Menu tahu dan tempe ini merupakan lauk nasi tumpeng masa kini yang bertujuan untuk memperkaya rasa dan menambah nilai gizi pada nasi tumpeng, jadi tidak memiliki filosofi yang berkaitan dengan budaya atau sejarah.

Telur

Zaman dulu, telur rebus yang disajikan lengkap dengan cangkang adalah lauk wajib nasi tumpeng. Namun jika tidak suka dengan rasa tawar dan tampilan dari telur rebus, kamu bisa pilih telur dadar. Selain lebih nikmat, telur dadar yang berwarna kuning kecokelatan juga bisa mempercantik tampilan nasi tumpeng.

Ikan

Ikan jenis khusus seperti lele, bandeng, atau ikan asin tipis atau gereh pethek, juga jadi lauk wajib yang harus ada pada nasi tumpeng.

Perkedel

Selain lauk-lauk di atas, kamu juga bisa menambahkan perkedel kentang. Perpaduan antara lembut dan gurihnya kentang tumbuk yang dicampur bumbu-bumbu, serta garingnya kulit perkedel di bagian luar dijamin akan membuat nasi tumpeng tambah oke.

Sambal

kamu bisa menggunakan sambal jenis apa pun sesuai selera. Atau jika ingin praktis, kamu bisa menambahkan sambal dalam salah satu menu lauk di atas seperti telur rebus jadi telur balado atau kentang jadi kentang balado.

Beberapa Hiasan untuk Nasi Tumpeng

Selain nasi dan lauknya, tumpeng juga biasanya dihias secantik mungkin. Hiasan atau garnish tumpeng tersebut dibuat dari berbagai macam sayur dan juga buah-buahan. Beberapa bahan yang biasa dijadikan hiasan tumpeng tersebut di antaranya adalah:

Alas tumpeng

Alas tumpeng sebenarnya hanya memerlukan tampah dan daun pisang. Namun agar tidak terlihat kaku kita bisa menghiasnya dengan bantuan styrofoam dan sayuran lainnya.

Membuat bunga mawar

Hiasan bunga mawar dapat kita sebarkan di sekeliling nasi tumpeng agar membuatnya semakin cantik. Bahan yang diperlukan adalah tomat dan timun Jepang (kyuri).

Membuat bunga teratai

Hiasan yang selanjutnya adalah bunga teratai atau lotus. Hiasan ini dibuat dari daun peterseli dan juga tomat yang bentuknya agak lonjong.

Membuat bunga aster

Hiasan terakhir yang akan diulas di sini adalah bunga aster. Untuk membuatnya kamu hanya membutuhkan wortel dengan ukuran yang cukup besar.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar